Friday 30 May 2014

Gadis Solehah vs Gadis Biasa


Bismillah ..

Aku Lebih Memilih Gadis yang Begitu Pemalu dan Belum Mengenal Pacaran
Itulah sifat seorang gadis, asalnya itu pemalu. Ketika ada lelaki yang menghampirinya, ia akan bersembunyi, tersipu malu. Jilbabnya yang menutupi dirinya akan segera menyelimuti wajahnya tatkala ada yang berusaha memandanginya. Berbeza dengan wanita yang sudah mengenal pergaulan dengan lainnya, tentu tidak ditemukan demikian.

Ketika ada yang mahu meminang pun, ia akan sulit berkata "ya". Yang bisa gadis ini lakukan adalah menganggukkan kepala, itu sebagai tanda senang, tanda setuju atau mahu menerima lamaran. Hal ini berbeza dengan gadis saat ini, yang begitu berani mengatakan "ya" ketika ada yang ingin menjalin kasih dengannya dalam jalinan cinta kasih anak muda 'pacaran'. Padahal hubungan tersebut tidaklah diredhai oleh Allah. Sungguh berbeza gadis yang jauh dari pergaulan bebas dengan gadis yang mahu dibawa oleh sembarangan lelaki.

Gadis itulah yang Nabi sollallahu 'alaihi wa sallam perintahkan untuk menaruh pilihan padanya. Jikalau ada seorang janda, meskipun janda kembang yang ayu dan menawan, tetap gadis yang lebih diutamakan dijadikan tambatan hati. Kerana seorang gadis yang pemalu bisa diajak bersenang-senang, bersenda dan bergurau. Beza halnya dengan gadis yang sudah lebih dahulu menjalin hubungan dengan lelaki lain atau lelaki yang ia nikahi saat itu, ia tidak dapat merasakan apa yang baru saja diutarakan.

Kesimpulannya kalau mahu memilih, tentu saja memilih gadis (perawan) itu lebih utama. Dari 'Utbah bin 'Uwaim, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

عَلَيْكُمْ بِالأَبْكَارِ فَإِنَّهُنَّ أَعْذَبُ أَفْوَاهًا وَأَنْتَقُ أَرْحَامًا وَأَرْضَى بِالْيَسِيرِ

"Hendaklah kalian menikahi gadis (perawan) karena bibirnya masihlah manis, bisa menghasilkan banyak keturunan dan tetap redha dengan pemberian yang sedikit." (HR. Ibnu Majah no. 1861, hasan).

Gadis yang dimaksud di sini tentu adalah gadis yang masih perawan yang "bukan bekas orang (couple) siapa-siapa". Itulah gadis yang terbaik. Namun sulit sekali wanita yang disebutkan dalam hadits tersebut dicari di zaman yang penuh kerusakan di masa kini.

Jadi, jika kamu memperoleh gadis yang suci bersih yang tak kenal couple sama sekali, sungguh itu anugerah luar biasa.

Semoga Allah mudahkan.

No comments:

Post a Comment